Senin, 24 November 2014

Menjadi Guru Bukanlah Pengorbanan, Melainkan Kehormatan

Sendi utama dunia pendidikan bertumpu pada guru. Guru dihadirkan bersama para siswa tiada lain untuk mengawali masa depan putra-putri terbaik bangsa. Salah satu apresiasi yang diberikan pada pahlawan tanpa tanda jasa ini ialah dengan peringatan Hari Guru sejak 69 tahun lalu, tepatnya 25 November 1945. Peringatan tersebut bersamaan dengan hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

dok.prosesi pengibaran bendera merah putih
Tepat hari ini, hampir semua sekolah di Indonesia mengadakan upacara peringatan ke-69 Hari Guru Nasional, tanpa terkecuali di SMP-SMA IT Ar Raihan. Biasanya, petugas upacara adalah para siswa, tetapi berbeda pada hari ini. Semua yang bertugas adalah guru. Ya, dari paduan suara, pengibar bendera merah putih, hingga pemimpin upacara, yang bertugas adalah para pendidik di sekolah ini. 

Bakda salat dhuha, upacara dimulai. Dipimpin Feri Yunizar, S.Pd. selaku pemimpin upacara, hari peringatan guru itu berlangsung hikmat (24/11) . Acara demi acara dilewati. Pengibaran bendera dengan formasi terdiri atas Arna Noprisa, S.Pd., Putri Yulianti, S.Pd., Kesuma Ariyanti, S.Pd., Juwono Rizki, S.Pd.I., Nawawi, S.Pd., Andri Satria, S.E., Agustiawan, S.Pd., dan Aten Suryadi, Lc. dengan mengenakan selendang upacara, penaikan bendera merah putih berhasil dikibarkan di titik tertinggi tiang bendera.

dok.pendokumentasian usai upacara Hari Guru Nasional
Dalam kesempatan itu, sambutan peringatan Hari Guru Nasional dari Menteri Pendidikan Republik Indonesia, Anis Baswedan, disampaikan Wakil Kepala SMP-SMA IT Ar Raihan, Fahrul Rozi, Lc. Ia memaparkan bahwa menjadi guru bukanlah pengorbanan. Menjadi guru adalah sebuah kehormatan. Sebab para guru telah mendampingi putra-putri bangsa pemilik masa depan Indonesia. Guru pun adalah sosok yang ikhlas mengabdi dengan fasilitas sekadarnya di kelas. 

Selain itu, dipaparkan tugas besar pemerintah agar mampu memuliakan guru karena bagaimana cara pemerintah memperlakukan guru, begitulah cara pemerintah mempersiapkan generasi penerus bangsa. Sebelum upacara selesai, peringatan Hari Guru Nasional ini disempurnakan dengan lagu Himne Guru, Syukur, dan Terima Kasih Guruku. Ya, guru adalah sendi utama pendidikan. Sudah semestinya memberikan penghormatan kepada para pendidik mulia ini. []Desti    


2 komentar:

Membedakan Sifat-Sifat dan Ragam Bahasa

Silakan pahami narasi-narasi berikut sehingga Saudara dapat memahami perbedaan sifat-sifat bahasa! 1. Fakta sejarah bahwa orang atau kelompo...