Rabu, 03 Juli 2013

Ar Raihan Menangkan Lomba Menulis


Bandarlampung, Minggu (30/6) kabar baik untuk SMP IT Ar Raihan. Pasalnya, Zulfa Nurul Izzah—siswa SMP IT Ar Raihan—menyabet juara III dalam ajang Lampung Menulis Cerita Anak. Acara tersebut disandingkan Workshop Menulis Cerita Anak dengan pemateri Ali Muakhir, penulis aktif cerita anak, pemenang Adikarya Ikapi, dan telah menghasilkan 333   judul buku.
                                                                    
Perhelatan akbar itu diadakan Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Lampung di Perguruan Tinggi Umitra, Bandarlampung, yang berlangsung untuk kategori anak (di bawah usia 12 tahun) pada pukul 08.00—12.30, sementara kategori umum (di atas usia 12 tahun) pada pukul 13.00—17.30. Para pemenang lomba mendapatkan trofi, sertifikat, uang tunai, serta buku. Dalam perlombaan menulis cerita anak, Zulfa yang duduk di bangku kelas VIII, mengusungkan judul “Hujan Bernyanyi”. Adapun juara I dimenangkan Fetra Akriani dengan judul “Pepi Tak Mau Lagi Mengangkut Sampah”, sedang juara II oleh Betty Permanasari dengan judul “Si Moli yang Sombong.”

Ketua FLP Wilayah Lampung, Naqiyyah Syam, mengutarakan indikator penilaian lomba berdasarkan diksi, ejaan, penguatan karakter tokoh, serta unsur mendidik yang menjadi point utama menulis cerita anak. Para dewan juri terdiri atas Ali Muakhir sebagai pemateri sekaligus penulis cerita anak, Fadhila Hanun (penulis cerita anak asal Lampung), juga Naqiyyah Syam selaku penulis dan Ketua FLP Lampung.

Zulfa yang ditemui usai acara, mengungkapkan kegembiraannya lantaran mampu mengalahkan sekian peserta yang usianya jauh di atasnya. Ia tak menyangka akan menjadi pemenang sebab dirinya masih termasuk penulis pemula. Alumnus reporter cilik Lampung Post yang pernah mewawancarai Wakil Presiden, Budiono, menyampaikan bahwa menulis ialah milik siapa pun.  Lanjutnya, "Kiat-kiat menulis yang utama ialah mencari tema semenarik mungkin, namun mudah dipahami semua kalangan. Pembuatan judul yang menarik juga perlu sebab orang akan membaca lebih lanjut bila sudah tertarik dengan judul yang kita buat," paparnya jelang senja.[]




catatan foto: sebelah kiri Destiani (Ketua Pelaksana Acara), Naqiyyah Syam (Ketua FLP Lampung), Zulfa Nurul Izzah (Pemenang Juara III), Betty Permanasari (Pemenang Juara II), Fetra Akriani (Pemenang Juara I), dan paling kanan Ali Muakhir (Penulis Cerita Anak)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membedakan Sifat-Sifat dan Ragam Bahasa

Silakan pahami narasi-narasi berikut sehingga Saudara dapat memahami perbedaan sifat-sifat bahasa! 1. Fakta sejarah bahwa orang atau kelompo...