Selasa, 09 September 2014

Pedagang di Pasar Stasiun Sadari Akan Kebersihan


BANDARLAMPUNG- Pedagang di Pasar Stasiun sadari akan kebersihan pasar. Hal ini tampak saat Hanifsudin mengunjal sampah di sekitar pasar (7/9). Pria berusia 56 tahun yang berprofesi sebagai pengunjal sampah ini menungkapkan, dirinya amat terbantu atas partisipasi pedagang untuk membuang sampah pada tempatnya. “Hal yang dilakukan pedagang sudah sangat tepat untuk menjaga kebersihan,” papar pria asal Tulang Bawang ini.

Pasar yang identik dengan timbunan sampah berserak, rupanya tak berlaku di Pasar Stasiun Kecamatan Kadaton, Bandarlampung. Dengan mengandarai motor pengunjal sampah yang disediakan Dinas Kebersihan Lingkungan, Hanifsudin dibayar Rp 2.000,-/ hari oleh masing-masing pedagang. 

dok.kondisi Pasar Stasiun
Selain kesadaran pedagang akan kebersihan, keuletan Udin, panggilan dari Hanifsudin, turut menentukan kebersihan pasar. Hal ini diakui salah satu pedagang di Pasar Stasiun. “Pak Udin tanggung jawab atas pekerjaannya,” jelas Tati. “Kami hanya bayar murah, tapi kebersihan Alhamdulillah terjaga,” lanjut pedagang pakaian ini.

Dalam menjalankan tugas, hampir tak ada kendala yang dihadapi Udin. Jika dirinya tak bisa mengunjal sampah lantaran sakit, selalu ada petugas yang menggantikannya. Sampah-sampah unjalannya tersebut, akan berakhir di TPA Bakung yang nantinya akan digunakan untuk penimbunan gunung. Uang gaji yang diperoleh Udin tiap bulannya memang tak seberapa bila dibandingkan besarnya penghidupan sekarang. Namun karena dirinya menyukai profesi ini, mengunjal sampah akan terus ia lakukan.

Profesi Udin pun menurun pada anak sulungnya, Andri. Satu harapan ditanam dalam benak Udin, yakni ia ingin sekali ada pengangkatan PNS oleh Dinas Kebersihan untuk anaknya. Sebab tak mungkin lagi bila dirinya diangkat, sebab tersandung dengan usianya yang memasuki senja. []desti









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membedakan Sifat-Sifat dan Ragam Bahasa

Silakan pahami narasi-narasi berikut sehingga Saudara dapat memahami perbedaan sifat-sifat bahasa! 1. Fakta sejarah bahwa orang atau kelompo...