Senin, 22 September 2014

Ar Raihan: Raih Dua Piala dalam SO Se-Sumbagsel 2014


Bandarlampung- SMA IT Ar Raihan berhasil raih dua piala pada lomba jurnalistik Smanda Olympic (SO) se-Sembagsel 2014 di GOR Saburai (7/8). Gelaran tahun ke-6 yang diadakan SMA Negeri 2 Bandarlampung ini diikuti SMA se-Sumbagsel. Jurnalistik merupakan salah satu cabang perlombaan yang diadakan selain basket, softball, futsal, colour run, modern dance, solo song dan band.

dok.peserta best writer dan best spirit
Kompetisi dilaksanakan pada 1--7 September 2014. SMA IT Ar Raihan mengutus tim jurnalistik terdiri atas Salsabilla Sastra (Kelas XI Iskandariyah) dan Muhammad Daffa (Kelas XI Damaskus) yang memiliki kompeten di bidangnya. Kegiatan liputan lomba dilaksanakan selama enam hari. Masing-masing tim diberi kebebasan untuk meliput berita lalu membuat liputan berupa artikel yang dikirim ke email panitia hingga batas waktu pukul 20.00 tiap harinya. 

Dengan adanya perlombaan ini, tim jurnalistik yang merupakan anggota dari ekstrakurikuler Jurnalistik di bawah binaan Destiani, S.Pd. ini, tidak ingin membuang kesempatan yang ada. Dengan bekal teknik berwawancara dan menulis liputan, tim jurnalistik SMA IT Ar Raihan optimis akan berikan hasil terbaik. Liputan demi liputan dilakukan hingga larut. Spot area untuk liputan, hampir tiap harinya berbeda. Misal, lomba basket di GOR Saburai, futsal di SMA Negeri 2 Bandarlampung, solo song di Mal Kartini, dan lainnya. 

Tiap harinya, tim jurnalistik Ar Raihan mengirimkan hasil liputan sebab ada penilaian harian yang langsung dijuri oleh jurnalis Lampung Post, Oyos Saroso. Salsa dan Dafa amat menikmati hari-hari dengan meliput berita. Hingga di hari terakhir pengiriman naskah. Tim jurnalistik SMA IT Ar Raihan mampu mengumpulkan pundi-pundi nilai liputan kegiatan. Dari enam liputan yang dibuat, tim jurnalistik mengirim satu  liputan yang menurut mereka terbaik, yakni Nuansa Bening Sang Vokalis.

Minggu, 7 September 2014, pengumuman berbagai pemenang lomba disampaikan. Tanpa terkecuali jurnalistik. Untuk lomba jurnalistik, juara I diraih  SMA Negeri 5, Juara II diraih SMA Negeri 9, dan Juara I diraih SMA Negeri 8. Beberapa saat kemudian, diumumkan kembali juara-juara untuk kategori best writer dan best spirit. Tak menyangka, sekolah yang berada di Jalan Purnawirawan 114 ini  meraih dua kategori tersebut. Dengan sukacita membawa dua piala sekaligus. 

Jurnalistik merupakan ekstrakurikuler terbaru. Belum ada hitungan bulan. Ekskul yang dibina Destiani ini, berusaha konsisten untuk menggalakkan dunia kepenulisan. Tak disangka, dirinya dan siswa binaannya mampu mengalahkan sekian puluh tim jurnalistik dan membawa dua piala untuk nama baik sekolah. Ke depannya, ekskul ini akan terus menggali kompetensi siswa di bidang kepenulisan sehingga dapat melahirkan tulisan-tulisan yang mencerahkan pembaca.[] Desti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membedakan Sifat-Sifat dan Ragam Bahasa

Silakan pahami narasi-narasi berikut sehingga Saudara dapat memahami perbedaan sifat-sifat bahasa! 1. Fakta sejarah bahwa orang atau kelompo...